Minggu, 26 Februari 2012

kkpi

Posted on 13 Januari 2011 by angga kustanto
PENGERTIAN
 Kode Etik adalah salah satu etika profesi dalam bidang TIK dimana§ mereka harus mampu memilah sebuah program ataupun software yang akan mereka pergunakan apakah legal atau illegal, karena program atau sistem operasi apapun yang akan mereka gunakan, selalu ada aturan penggunaan atau license agreement.

 UU HAKI adalah upaya penegasan dalam bidang hukum bagi mereka yang
§ melanggar kode etik, atau melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual.
 HAK CIPTAü
 Secara hukum melindungi karya intelektual dan seni dalam bentuk ekspresi.§
 Contohnya dalam bentuk tulisan (lirik lagu, puisi, artikel atau buku),
§ dalam bentuk gambar (foto, gambar arsitektur, peta), dalam bentuk suara dan video (rekaman lagu, pidato, video pertunjukan, video koreografi dll).
 Tujuannya melindungi hak pembuat dalam mendistribusikan, menjual atau
§ membuat turunan dari karya tersebut. Dalam perangkat lunak selain karya asli yang dilindungi juga karya turunan (derivasi) tetap dilindungi.
 Tidak melindungi peniruan ide, konsep atau sumber-sumber referensi penciptaan karya.
§
 Diberikan seumur hidup kepada pencipta ditambah 50 tahun setelah
§ pencipta meninggal dunia Hak Cipta direpresentasikan dalam tulisan dengan simbol © (copyright)
 HAK PATENü
 Yaitu hak eksklusif atas ekspresi di dalam Hak Cipta di atas dalam§ kaitannya dengan perdagangan, hak paten berlaku 20 tahun. Hak Paten disimbolkan dengan ™ (trademark). Hak Paten yang masih dalam proses pendaftaran disimbolkan ® (registered).
 FREEWAREü
 Istilah “freeware” tidak terdefinisi dengan jelas, tapi biasanya§ digunakan untuk paket-paket yang mengizinkan redistribusi tetapi bukan pemodifikasian (dan kode programnya tidak tersedia). Paket-paket ini bukan perangkat lunak bebas, jadi jangan menggunakan istilah “freeware” untuk merujuk ke perangkat lunak bebas
 SHAREWAREü
 Perangkat lunak yang mengizinkan orang untuk Meredistribusikan§ salinannya, tetapi mereka yang terus menggunakannya diminta untuk membayar biaya lisensi.
 Bukan perangkat lunak bebas atau pun semi-bebas. Ada dua alasan untuk hal ini, yakni:
§
1. Sebagian besar shareware, kode programnya tidak bersedia; jadi anda tidak dapat memodifikasi program tersebut sama sekali.
2. Shareware tidak mengizinkan seseorang untukmembuat salinan dan memasangnya tanpa membayar biaya lisensi, tidak juga untuk orang-orang yang terlibat dalam kegiatan nirlaba. Dalam prakteknya, orang-orang sering tidak mempedulikan perjanjian distribusi dan tetap melakukan hal tersebut, tapi sebenarnya perjanjian tidak mengizinkannya
 LISENSI OPEN SOURCEü
 Open source bila diterjemahkan secara langsung, (kode) sumber yang§ terbuka”. Sumber yang dimaksud disini adalah source code (kode sumber) dari sebuah software (perangkat lunak), baik itu berupa kode-kode bahasa pemrograman maupun dokumentasi dari software tersebut
 Open source adalah suatu budaya. Hal ini menegaskan bahwa open source
§ ini berlatar dari gerakan nurani para pembuat software yang berpendapat bahwa source code itu selayaknya dibuka terhadap publik. Tetapi pada prakteknya open source itu bukan hanya berarti memberikan akses pada pihak luar terhadap source code sebuah software secara cuma-cuma, melainkan lebih dari itu. Ada banyak hal yang perlu dipenuhi agar sebuah software dapat disebut didistribusikan secara open source atau dengan kata lain bersifat open source
 OPEN SOURCE ORGANIZATIONü
 Mendefinisikan pendistribusian software yang bersifat open source dalam The Open Source Definition.§
 The Open Source Definition ini bukanlah sebuah lisensi, melainkan
§ suatu set kondisi-kondisi yang harus dipenuhi, agar sebuah lisensi dapat disebut bersifat open source.
 Pendistribusian ulang secara cuma-cuma. Sebagai contoh adalah Linux yang dapat diperoleh secara cuma-cuma.
§
 Source code dari software tersebut harus disertakan atau diletakkan di
§ tempat yang dapat diakses dengan biaya yang rasional. Dan tentu saja tidak diperkenankan untuk menyebarkan source code yang menyesatkan.
 Software hasil modifikasi atau yang diturunkan dari software
§ berlisensi source code, harus diijinkan untuk didistribusikan dengan lisensi yang sama seperti software asalnya
 Untuk menjaga integritas source code milik penulis software asal,
§ lisensi software tersebut dapat melarang pendistribusian source code yang termodifikasi, dengan syarat, lisensi itu mengijinkan pendistribusian file-file patch (potongan file untuk memodifikasi sebuah source code) yang bertujuan memodifikasi program tersebut dengan source code asal tersebut. Dengan begitu, pihak lain dapat memperoleh software yang telah dimodifikasi dengan cara mem-patch (merakit) source code asal sebelum mengkompilasi. Lisensi itu secara eksplisit harus memperbolehkan pendistribusian software yang dibuat dari source code yang telah dimodifikasi. Lisensi tersebut mungkin memerlukan hasil kerja modifikasi untuk menyandang nama atau versi yang berbeda dari software asal.
 Lisensi tersebut tidak diperbolehkan menciptakan diskriminasi terhadap orang secara individu atau kelompok
§
 Lisensi tersebut tidak boleh membatasi seseorang dari menggunakan
§ program itu dalam suatu bidang pemberdayaan tertentu. Sebagai contoh, tidak ada pembatasan program tersebut terhadap penggunaan dalam bidang bisnis, atau terhadap pemanfaatan dalam bidang riset genetik.
 Hak-hak yang dicantumkan pada program tersebut harus dapat diterapkan
§ pada semua yang menerima tanpa perlu dikeluarkannya lisensi tambahan oleh pihak-pihak tersebut.
 Lisensi tersebut tidak diperbolehkan bersifat spesifik terhadap suatu
§ produk. Hak-hak yang tercantum pada suatu program tidak boleh tergantung pada apakah program tersebut merupakan bagian dari satu distribusi software tertentu atau tidak. Sekalipun program diambil dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan selaras dengan lisensi program itu, semua pihak yang menerima harus memiliki hak yang sama seperti yang diberikan pada pendistribusian software asal
 Lisensi tersebut tidak diperbolehkan membatasi software lain. Sebagai
§ contoh, lisensi itu tidak boleh memaksakan bahwa program lain yang didistribusikan pada media yang sama harus bersifat open source atau sebuah software compiler yang bersifat open source tidak boleh melarang produk software yang dihasilkan dengan compiler tersebut untuk didistribusikan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar